Jumat, 06 Januari 2012

Catatan Awal Tahun

Meles banget nggak sih ngadapin orang super ngeyel ?! Aduuuh... pokoknya bikin ill fill banget deh.. walaupun tuh orang, cakep atau cantik.. kalau udah ngeyel.. amppuuuun.. bawaanya pengen ngejitak tuh orang.. tak..tak..tak.. gitu,,

Apalagi.. apalagi ni ya.. kalau tu orang udah nggak cakep/cantik, ngeyel pula.. bikin masam muka berlipat-lipat.. Apa coba yang masih bisa dibanggain ama tuh orang...!! hhhhhhhh..



Nah, akutuh baru-baru ini ngadepin orang yang super duper ngeyel, dan bikin bete seantero dunia.. bikin jungkir balik esmosi.. dilunakin, eh dianya nganggap enteng.. di kerasin.. lansung mantul.. (kayak bola aja! eh, bola apa cahaya ya ? pake mantul.. what ever lah..).

Nih cerita tentang juniorku yang dipindahkan dari Tanjungpinang,.. gini nih, kalau udah punya anggota, dan anggotanya susah dibilangin.. kayak dia paling pintar sendiri.. dibilangin.. jawabannya cepat.. ya..yaya ya kak.. Eh, giliran ditagih itu iya-iyanya.. jawabanya bejibun.. ngalah-ngalahin pasir se kontainer,. ampuuun dah.. banyak alasan.. inilah.. itulah.. apalah.. nggak jelas banget!!

Udah gitu, saat ditanya alasannya itu, cara ngomong nggak sopan banget.. nggak tau deh.. gimana atitud dia saat ketemu nara sumber.. sama seniornya aja (halaaah.. lagaknya senior.. tapi emang senior kaleeee gue, nggak usah sewot deh!) udah gitu.. mungkin sama orang diluar sana lebih preman lagi. Tapi, do'aku tetap.. semoga dia lebih baik di luar sana, biar nggak malu-maluin institusi dan profesionalisme kerja kita-kita.

Berulang kali aku hanya bisa beristighfar di dalam hati, minta kesabaran ekstra dari Yang Maha Kuasa... dan hingga percakapan itu berakhir, syukurnya aku masih ada kesabaran..

Tetapi, itu belum berakhir cuy.. masih ada lanjutan ceritanya.. karena keesokan harinya gue ada meeting selama dua hari penuh di kantor.. bahas tentang perusahaan, target, rancangan.. bla..bla..bla..

Karena konsentrasi terarah pada tuh meeting, otomaticly, mereka tak bisa ku pantau se intens biasanya. Aku hanya beri instruksi by sms.. dan jawabannya.. "kak, aku nggak masuk kerja, tadi udah izin ama si N (si N ini hanyalah sekretaris salah satu pimpinan, beda lagi departemennya ama aku!!).. lansung aja aku darting dibuatnya.. padahal tuh udah hampir jam 12 siang. Jam segitu, dia nggak ada kabar sama sekali sama aku yang atasannya lansung.. dan malah ngasih kabar ke bagian lain. Jawabku yang lagi spaning tinggi banget "Atasanmu dia atau aku ?" ehh.. bukannya minta maaf dia malah bilang.. jangan marah-marah lah kak, akukan lagi sakit, bukannya nanyain aku sakit apa... malah marah-marah, dan sms lainnya yang tambah bikin dating-ting-ting itu.

Tentu saja aku marah setengah mati,.. dalam tim kerja kami, jika sudah jam 12, untuk mendapatkan berita yang sesuai dengan target itu udah sulit.. dan seenaknya saja nggak menghargai atasannya, 'tak memberi kabar'.. padahal baru kemarinnya dia dinasehati dengan cara baik-baik, bahkan aku usahakan untuk nggak marah-marah karena kelakuannya yang ngeyel minta ampun itu... bahkan untuk menjaga perasaanya agar tidak down,.. telah ku usahakan sambil bercanda.. seperti biasanya.

Niat baik tidak selamanya disambut baik, nah ini nih, yang nggak bener.. Ada kali lima smsan kami berbalas-balasan, yang di akhir sms ku saking geramnya bilang 'kamu mau di bimbing nggak ? kalau nggak balik aja ke Tanjungpinang! itu adalah ultimatum terakhirku buat dia.. dan masalah itupun aku sampaikan ke level yang lebih tinggi karena aku sangat kesal dibuatnya, laporannya lengkap dengan balas-balasan sms itu. Apalagi, bolosnya itu merupakan kali ke tiga selama dua minggu dipindah tugaskan ke Batam, akupun menyerahkan kasus itu ke level yang lebih tinggi.. tanggapan mereka 'kembali ke kamu na, kasi SP aja, atau kalau memang nggak bisa dibentuk, tendang aja ke Tanjungpinang, lepas tugaskan dia',... aduuuh ternyata tak memberi solusi banget.. Karena aku tau tuh anak butuh kerja banget, hanya saja perlu cara untuk mengasah dia biar bener...

Hari gini, kalau tuh anak dilepaskan, jadi pengangguran donk.. nyari kerja lagi,. susah kali nyari kerja sekarang. Aku hanya sarankan ke Korlip, minta untuk sementara korlip yang nangani tuh anak, sampai emosiku reda karena ulahnya yang nggak masuk akal sebagai bawahan.. bahkan statusnya masih magang. Tuh anak sebenarnya lumayan kalau menulis, cuma nggak ketulungan manja dan keras hatinya itu.. ngeyel.. tetep.. ngeyelnya nggak ketinggalan.. dan centiiiil minta ampyuuun. Pengennya di perhatikan terus.. HALOOOOOO.. emangnya aku pacar dia apa? minta di perhatikan..!! please deh!! kelaut aja sono!! btw.. dia cewek lo.. bukan cowok.. kesel-kesel (..ek) dah..

Huffffffff...

Aku sadar, untuk anak yang super depel ngeyel seribu itu, ngadapinnya tidak harus degan keras.. berkali-kali ku cari bahan di internet, dan buku-buku psikolog di gramedia, dan setelah mengatur beberapa strategi untuk ngadepin dia, sebagai senior.. aku mengalah dan menelpon dia dengan gayaku yang benar-benar urakan.. dan ALHAMDULILLAH.. caraku ini manjur.. akupun berusaha untuk melupakan rentetan peristiwa itu.. hmm bukan melupakan sih,. tapi memaafkan.. ku usahakan komunikasi yang lebih baik dengannya.. dan bilang.. kalau ada kendala apa-apa dilapang, segera ngubungi aku.. sejauh ini.. kiat-kiat yang ku lakukan lumayan jalan. Dan dianya udah berkali-kali minta maaf.. (ya.. ku maafkan.. asal jangan minta duit aja, tak ada duit lebih soalnya.. ini aja masih kurang dari gaji.. halaaah!!)

Tulisannyapun juga sudah lebih baik dari sebelumnya. Tentu saja semua itu membuat rekan kerjaku yang lain heran.. kok bisa na ? Ya bisa lah.. karena ampe mampus aku nyari solusinya.. ubek-ubek buku psikologi.. di net maupun di gramed.. susah jadi atasan.. harus bisa nyesuain diri ama bawahan..

HALOOOOO!! apa dunia udah terbalik ya sekarang ?? Ini nih, potret anak jaman sekarang.. kudu orang tua.. eits salah SENIOR yang harus nyesuain diri. Aku jadi kepikiran sendiri dengan nasib-nasib guru di sekolah yang ngajarin anak-anak sekarang, ngeyelnya itu.. minta ampyuuun,.

Pantesan aja, 'moral' mereka banyak yang bermasalah, susah sih mereka di kasi taunya.. apalagi orang tua cenderung lepas tangan dalam hal mengajarkan sopan-santun,
tata-krama de el el.. siswa diluaran punya kelakuan minus, sekolah disalahkan, siswa jadi penjaja seks di luar sekolah, gurunya disalahkan. Giliran di keraskan sedikit, orang tua lapor polisi, aduuuuh, nasib para guru kita..

Kalau udah nyampe ke topik ini, aku bener-bener nyerah deh.. bakal nggak selesai-selesai nih tulisan.. udah ah.. aku masih banyak tugas.. Intinya buat pembaca sekalian, tak ada salahnya kita mundur satu langkah, untuk maju seribu langkah.. ocre!! selamat bekerja.. moga bisa jadi inspirasi..

Tidak ada komentar: