Minggu, 03 April 2016

Kadaluarsa Rokok vs Kode Produksi



Hari ini, Minggu 3 April 2016, seperti 7 bulan terakhir, saya menunggu kedai kecil yang ada di rumah. Di kedai ini tersedia aneka kebutuhan rumah tangga, hingga rokok. 

Sekitar pukul 12.00 WIB, saat panas terik melanda kota Duri dan sekitarnya, saya kedatangan pembeli anak-anak yang berusia sekitar 11/12 tahun. Seperti biasa anak ini memang sering disuruh orang tua atau pamannya untuk membeli keperluan rumah ke kedai kami. Kali ini ia membeli rokok yang katanya untuk paman/om nya. Ternyata rokok yang ditanyakan tinggal satu bungkus, dan itu pun rokok display. Setelah membawa uang kembalian beserta rokoknya, ia pun kembali pulang. Rumahnya kira-kira berjarak 100 meter dari rumah kami. 


Hanya berselang 5-7 menit, anak itu kembali dan mengatakan bahwa rokok yang dibelinya telah expired alias kadaluarsa. Saya tentu saja heran karena setau saya tidak ada tanggal kadaluarsa rokok. Saya pun teringat dengan kode produksi rokok dan memeriksa kode yang dimaksud. Ternyata tertanggal 12/11/2015 seperti pada gambar. Saya pun mengatakan pada anak itu untuk menyampaikan pada omnya bahwa itu bukan tanggal kadaluarsa, tetapi tanggal produksi. Saya pun menjelaskan kepada anak itu yang sayangnya dia tidak paham. Saya pun mengatakan, kalau kamu belum paham, minta abang atau oom mu itu ke sini biar saya terangkan tentang tanggal produksi kepadanya. Anak itu pun mangut-mangut dan kembali pulang membawa sebungkus rokok itu. 

Beberapa saat kemudian, si anak kembali lagi membawa serta abangnya, seorang remaja yang saya perkirakan berusia antara 14-19 tahun. Anak remaja itu mengatakan bahwa rokok tersebut expired, itu menurut omnya. Saya kembali menjelaskan kepadanya bahwa tanggal yang dimaksud adalah tanggal produksi bukan tanggal kadaluarsa. Namun dia mengatakan bahwa rokok itu telah lama. Tentu saja saya ketawa, karena diproduksi masih bulan 11 lalu , artinya baru 4 atau 5 bulan. Itu menurut fikiran saya. Namum, saya berniat baik mengembalikan uangnya jika dia tak berkenan. Saya mulai menghitung uang sesuai harga rokok tersebut. Namun, saat mengambil bungkusan rokok, ternyata segelnya telah dibuka. Tentu saja saya tidak bisa menerimanya. Karena kedai kami tidak menjual rokok batangan. Keluarga kami pun tidak ada yang merokok. Saya pun mengembalikan rokok kepada anak itu. 
Ternyata si oom yang menyuruh keponakannya ubtuk membeli rokok kembali mengutus keponakannya yang sudah remaja bersama keponakannya yang pertama untuk mengembalikan rokok tersebut karena tidak terima. Anak itu pun membawa serta sebungkus rokok yang sama memperlihatkan kode produksi dan cukai rokok tersebut. Tentu saja cukainya sudah berbeda karena ada kenaikan harga rokok dibandingkan tahun sebelumnya. Saya pun menjelaskan bahwa saya sudah berniat mengembalikan uangnya. Namun saya tidak bisa terima karena plastik telah dibuka dan segel telah rusak. Si remaja berbalik dengan kesal. 

Hanya beberapa menit, si oom datang dengan remaja tadi, minus anak yang pertama. Saat datang dia pun langsung mengamuk dan mengatakan bahwa kami menjual rokok kadaluarsa. Saya mencoba bersabar dan membiarkan dia melepaskan emosinya terlebih dahulu, yang ternyata tidak kunjung reda. Beberapa ibu yang kebetulan datang berbelanja terbengong melihat aksi si oom. Mencoba menentramkan perasaan geram bercampur jengkel, karena si oom berkeras mengatakan bahwa rokok tersebut expired. Saya katakan rokok tidak expired dan saat dibeli bungkusnya masih utuh artinya tidak masuk angin. 
Dia pun mengatakan bahwa jika saya tidak mau mengembalikan uangnya. Tentu saja saya tidak terima, karena saya tadi mau mengembalika  uang kepada keponakannya, tetapi tidak jadi karena segel rokok telah rusak. Dia masih tidak terima dan mengatakan bahwa dia bukan baru merokok jadi bisa membedakan mana rokok kadaluarsa dengan rokok baru dan rasanya (katanya) pun berbeda. Kemudian ia membanting rokok tersebut dan berlalu lengkap dengan menggas motornya kencang-kencang. Ibu-ibu yang kebetulan berbelanja hanya geleng-geleng kepala melihat tingkahnya. Dan saya pun sudah kepalang emosi melihat tingkah si oom yang kalau dilihat dari tampangnya berusia masih di bawah saya. Lengkap dengan kecongkakannya. 
Sebenarnya perkara tanggal produksi rokok ini saya pernah tanyakan kepada agen rokok. Mereka mengatakan bahwa rokok tidak akan masuk angin (yang diartikan banyak perokok sebagai masa kadaluarsa) apabila bungkusnya tidak rusak. Dan rokok yang saya jual tidak rusak! Jika ditanyakan tentang rasa, tentu saya tidak tau karena saya bukan perokok. 
Intinya, saya mau saja mengembalikan uang yang bersangkutan asal rokoknya tidak dibuka. Tetapi rokok tersebut telah dibuka. 
Ini menjadi catatan penting bagi saya dan mungkin bagi pembaca bahwa kita perlu meneliti tanggal kadaluarsa produk sebelum membuka segelnya. Karena bagaimana pun, segel yang telah dibuka/rusak tidak bisa dikembalikan.
Khusus bagi perokok, sangat ironis Anda mencemaskan rokok kadaluarsa dan takut keracunan sementara rokok itu sendiri racun yang Anda hisap setiap hari.




70 komentar:

Unknown mengatakan...

mengenai rokok kadaluarsa, harusnya penjual juga kudu meriksa tgl kadaluarsa rokok yg dijualnya, sebab klo kode produksinya terlalu lama lebih dr 2 bln warna rokok berubah kemerahan/ kecoklatan dan rasanyapun akan berubah tidak nyaman dan malah berbahaya bagi yg mengkonsumsinya... harusnya sblm menjual diperiksa atau ditukarkan ke agen dgn rokok yg kode prodnya baru.....

Unknown mengatakan...

biasanya yg sering dijumpai telat tgl produksinya rokok sampoerna, u mild, magnum blue, dsb... harusnya kudu ditarik diganti dgn yg baru biar gak menimbulkan bahaya dan masalah....

Unknown mengatakan...

sebagai perokok, saya sudah kerap kali tidak sengaja merokok rokok kadaluarsa.
Awalnya saya tidak pernah sadar kalau rokok bisa kadaluarsa, waktu itu saya acap kali membeli rokok Marlboro di warung , tetapi setiap kali mengisapnya sungguh aneh rasanya seperti hambar seperti membakar kertas, tidak enak sama sekali. Saya pikir ini rokok palsu, tapi masa iya sih ada pabrik yang sengaja mau bikin rokok palsu dengan bungkus sama persis tapi ngga ketangkep-tangkep. Jadi yang saya lakukan adalah tidak pernah membeli rokok jenis apapun di warung itu lagi. Saya lebih percaya beli ke supermarket. Lalu kejadian ini terulang beberapa tahun kemudian tetapi dengan produk yang berbeda, yaitu Sampoerna Mild. Jadi seperti biasa, tanpa curiga saya membeli di sebuah warung dekat rumah saya, tetapi anehnya, setiap beli rokok di sana, rasa hisapannya kurang joss. Tapi saya tidak terlalu ambil pusing, sampai suatu kali, seorang teman saya suguhkan rokok tersebut ketika bertandang di rumah saya. Ternyata diapun merasakan rasa yang sama, tidak enak, hambar, lalu dia bilang rokok ini pasti kadaluarsa. Lalu saya tanyakan mengapa beliau bisa tahu. Kata beliau tinggal lihat lintingan rokoknya yang sudah keluar bercak-bercak, pastilah tanggal kadaluarsanya sudah lewat. Lalu saya bandingkan yang masih baru diproduksi dan yang sudah kadaluarsa, ternyata benar, semua batang yang terdapat di dalam rokok kadaluarsa A-Mild ternyata memiliki bercak-bercak seperti ketetesan minyak. Nah itulah mulai saat itu saya berhati-hati untuk memilih rokok terbaik buat kesehatan saya.

Anonim mengatakan...

Tgl kadaluarsa rokok memang tidak dicantumkan tapi tgl produksi itulah yg menjadi patokan. Batas maksimum kadaluarsa rokok adalah 4 bulan dari tgl produksinya. Selain dari tampilan rokoknya yg berubah warna juga rasanya jadi aneh.. Pada kasus ini wajar saja si pembeli rokok itu marah2 krn merasa ditipu walaupun si pemilik warung tidak dengan sengaja krn tidak paham masalah kadaluarsa rokok, bisa jadi si pemilik warung juga ketipu oleh agen/suppliernya. Biasanya agen atau supplier mendapatkan harga miring dari produk2 yg sudah dekat tgl kadaluarsanya. Parahnya bukan sekali dua kali sy mendapatkan rokok kadaluarsa yg dijual oleh minimart ternama (****mart) bahkan pernah sy temukan kawanan kutu dalam makanan sereal, setelah sy perhatikan tgl kadaluarsanya tidak terlihat jelas (blur seperti diprint 2 kali, tgl lama ditimpa dgn tgl baru) ketika sy kembalikan lengkap dengan kutu2nya mereka cuma menawarkan bonus beli 1 gratis 1, sy tekankan ke mereka untuk membuka bungkus lainnya yg ada dirak pajangan ternyata sama saja isinya pasukan kutu juga.. hehehe

Unknown mengatakan...

Saya mau tanya. Klo itu tanggal produksi. Kenapa skrang tanggal 21 Juni 2017. Dan saya beli rokok. Disitu tertulis 27 Juni 2017 ... Blom di bikin ko udah jadi aja hahaha

Unknown mengatakan...

maaf saya cuma nanya aja, saya juga perokok aktif, setau saya suplier rokok hanya mengganti cukai lama dg cukai yg baru, dan kode produksi baru. yang saya tanyakan, rokok yg cukai lama (yg sudah di return) apakah dijual lgi dg kemasan baru apa dimusnahkan??

Vieardie.org mengatakan...

yg mau tau rokok expire liat tanggal produksi na dan selanjut nya masa pakai rokok nya maxsimum 3bln/90hr kalau uda melebihi itu rokok uda expire/kadaluarsa....

Ray Liezard Evo mengatakan...

Y benar aturan penjaga warung mengecek tanggal produksi rokok... Toh klau skrg tanggal produksi udah kelihatan jelas kok.. Bukan kayak dulu tang berupa kode yang hanya bisa di baca oleh sales dab sejenisnya..

Setahu saya
Rokok yang kadar luasa di tarik
Untuk di musnahkan
Saya bisa tau karena ade saya sndiri agen rokok...

Sering bawa rokok kadarluasa berdus2...

Pas ene tanya" kenapa bongkar semua rokok dari dusnya"

Dia menjawab ini rokok kadarluasa
Akan di musnahkan si kantor

Unknown mengatakan...

Rokok jlas ada kadaluarsanya gaes,6 bln dari tgl produksi..

Iraone mengatakan...

okelah, mngkin sdh bnyk org yg tau dgn kode produksi rokok yg Sampoerna atau dsb..
trus bgmn dgn class mild, krn kode produksinya kurang sy mngerti, jd kami sbagai konsumen tdk tau akan kadaluarsanya rokok class mild itu kapan.
Sy harap ada penjelasan dr Bapak .
tks

Iraone mengatakan...

okelah, mngkin sdh bnyk org yg tau dgn kode produksi rokok yg Sampoerna atau dsb..
trus bgmn dgn class mild, krn kode produksinya kurang sy mngerti, jd kami sbagai konsumen tdk tau akan kadaluarsanya rokok class mild itu kapan.
Sy harap ada penjelasan dr Bapak .
tks

Unknown mengatakan...

Ben yoben lebih exp juga lebih bagus...

Eddie mengatakan...

Maaf ini anda yg salah karena tidak mengerti apa2 soal expirednya rokok, usia rokok itu maximum 3 bulan setelah kode produksi untuk jenis Kretek dan 5 bulan untuk jenis rokok Putih. Seharusnya anda tukarkan ke sales rokok dengan produk yg baru jika sudah melewati 3 bulan dari tanggal produksi.

Unknown mengatakan...

terimakasih ka infonya jadi saya tahu

Unknown mengatakan...

terimakasih ka infonya jadi saya tahu

Unknown mengatakan...

Di musnahkan

Unknown mengatakan...

untuk kode produksi di bungkus rokok tgl 20/06/2018
Untuk rokok jenis filter masa kadaluarsan 4,5 bulan dari tanggal produksi
Untuk rokok kretek 4 bulan dari tanggal produksi
Untuk mild 5 bulan dari tanggal produksi
jadi tinggal tambahkan dari

Contoh rokok filter kode expired
Tgl 20/06/2018 tinggal tambah 4,5 bulan jadi jatuh tempo tanggal 05/11/2018

Unknown mengatakan...

Klu rokok esse mass... Brp bulan?

Anonim mengatakan...

Kalau gak ada duit juga paling rokok yang udah kadaluarsa juga dihisap,, hehe


http://www.maknyusbener.xyz/

Unknown mengatakan...

Mendingan kagak usah jual rokok bos ku, kagak ada manfaatnya lebih banyak kerugiannya.. Untung iya, tpi merusak kesehatan orng lain, kagak bisa baca ya, udah ditulis rokok membunuhmu

Unknown mengatakan...

Kagak kadaluarsa atw udah kadaluarsa tetap rokok isinya racun semua

Unknown mengatakan...

Rokok yg sehat ada enggak ya mas?

Unknown mengatakan...

Klo ada sales rokok yang disuruh jual yang cukai nya sudah lewat tahun, dalam artian rokok itu cukainya sudah bukan tahunya misalkan sekarang 2018 tetapi rokok yg dijual di cukainya 2017 mohon petunjuk

Unknown mengatakan...

Saya membeli rokok di Alfa mart tetapi cukainya tidak sesuai tahun

Unknown mengatakan...

Saya ga tau Apakah ada rokok kadarluarsa ,cuma baru saja saya bro rokok kode produksi nya sudah Lebih dari setahun bahkan 1 tahun 1 bulan, Pertanyaan nya apakah ini Bisa di konsumsi. Soalnya sebelum nya Saya ga pernah ngeliat kode produksi.

Unknown mengatakan...

Salahy itu kenapa gk dicantumin expy supaya orang2 awam juga paham dan mengerti

Uki Baihaqi mengatakan...

Rokok yang ngk kadaluarsa aja itu racun (buat yang ngk merokok), toh kenapa yang merokok malah ngecemasin rokok yang kadaluarsa?

Udah jelas racun tapi khawatir keracunan rokok. Sama halnya Takut keracunan dari Racun.

Kan Lucu kalian yang perokok aktif. Maaf sayapun perokok aktif tapi tidak seperti kalian.

Faisalfw mengatakan...

maaf blum paham Bang saya beli rokok kode produksinya 14/02/2019 apakah itu sudah kda kuarsa? mohon dijawab

arumaya_studio mengatakan...

Ini masalah perokok tapi yg tidak merokok juga ikutan nimbrung. :D

UNTITLED mengatakan...

Nih ya gue Kerja di perusahaan Rokok,
Banyak yg Sok tau gue baca Comment..

Expired Rokok ;
SKM (DJARUM,FILTER,LA BOLD)
SKMM (A MILD, DUNHILL MILD, SURYA PRO MILD)
SKT (DJI SAM SOE, A HIJAU KERETEK, GG MERAH)
4 BULAN MASA EXPIRED NYA

SPM (MARLBORO RED,LIGHT,MENTHOL, DUNHILL INT. RBG)
KHUSUS SPM INI 6 BULAN MASA EXPIRED..

KALAU PRODUKSI ROKOK BLM TENTU ADA KODE PRODUKSI SESUAI DENGAN BULAN YG KALIAN BELI, CONTOH BELI TANGGAL 10 JUNI 2019, MUNGKIN ADA KODE PRODUKSI 1 JUNI 2019 TAPI JARANG SEKALIPUN ITU TOKO LAKU, KECUALI SUSAH TANGGAL 20AN BARU DEH TU KODE PRODUKSI TGL 3/5/7.. BAHASANYA FRESHNESS TINGKAT KESEGARAN, KALAU LEWAT DR 4 BULAN ITU TIMBUL BERCAK KUNING & RASA SUDAH BERBEDA.

OH YA 1 LG GA ADA KODE PRODUKSI LEWAT DR BULAN YG LO BELI, ITU HOAX

Yudi pramono mengatakan...

Wkwkwk rokok expired lebih bahaya? Sebelum Ada expired juga udah bahaya bos, kalo katakanlah udeh expired trus di jual ketenganan gimana

Unknown mengatakan...

Saya perokok tp masih kurang paham masalah produksinya, setau saya sih roko itu tdk ada expired nya..
td saya beli roko di suatu kios, karna beda rasanya dengan sebelum2nya akhirnya saya cari di google dan akhirnya saya dpt postingan ini, karna isi tes nya tdk mmbahayakan saya baca sambil lanjut merokok, , tp pas baca komen teman2 di bawah langsung buang rokok nya karna tanggl produksi udah lewat 5 bulan anjing. .

Saran saya buat penjual rokok seharusnya lebih berteliti dan memahami masalah rokok yng layak di jual,rokok memang membahayakan tp akan lebih bahaya lg kalau penjual rokok tdk peduli hanya demi kepentingan sendiri 🙏

Unknown mengatakan...

Kalo roko sudah experied lama apakah masih bisa dituker mas?

Juna mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Juna mengatakan...

Mulai tg 18 Agustus kemarin hampir semua warung saya temui sekitar 7 sampai 8 warung dan 3 supermaket rokok U mild dan Sampoerna mild bahkan samsu 234 rasa rokok tidak seperti biasanya padahal kode produksi masih bulan juli antara tgl 4 sampai tgl 24 juli 2019...awalnya pertama sih karena abis gosok gigi rasanya emang mungkin seperti itu..tapi ternyata hampir 2 hari ini rokoknya tuh gak enak banget..mungkin rokok itu memang sudah expire date atau kadaluarsa dan dirubah kode produksinya secara saya lihat kertas cukai terlihat amat pudar bukan seperti biasanya yg saya lihat..pertanyaan saya jika kode produksi tidak dirubah..kenapa rokok yg saya rasakan dua hari ini rasanya kaya sampah? Kalo orang lg sakit mungkin seperti itu rasanya..tp ini saya sedang tidak sakit..!!

Ivan mengatakan...

alhamdulillah .. gua beli rokok marlboro merah sudah kada luarsa karena produksi tahun 01 - Januari - 2018 bisa di tuker sama yang luarsa di toko yang sama .. soalnya ini udah lewat 1 tahun dan skrng udah tanggal 21 Agustus 2019

Unknown mengatakan...

Yg namanya rokok gak ada yg baik buat kesehatan mas mau kadarluarsa atau tidak sama saja tidak baik buat kesehatan

Unknown mengatakan...

Saya mau nanya mas kalau misalnya tanggal 15-08-2019 saya beli rokok tadi tanggal segitu sekarang tanggal 2 september itu expetd ngga iya mas tolong di jelasin tapi warna rokok ya berwarna kekuningan

Unknown mengatakan...

Saya mau nanya saya tadi. Beli rokok tanggal produksinya tanggal 15-08-2019 nah sekarang tanggal 2-09-2019 itu expetd apa ngga iya mas

Unknown mengatakan...

Biasanya rokok kadaluarsa itu stok lama......memang bagi perokok rasa rokok itu akan berbeda dgn yg masih baru....biarpun segelnya belum dibuka tapi kualitas rasa tetap akan berubah

Unknown mengatakan...

Rasain aja rasa rokoknya....kalopun berubah warna tapi rasanya tetap enak berarti masih bagus

Unknown mengatakan...

Bukan expire itu bang,tapi kadar tar ma nikotinnya dikurangi yg buat rasanya jd aneh

Jojo Angelo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Jojo Angelo mengatakan...

Rokok SKM ( Sigaret Krektek Mesin ) baiknya dbawah 45hari dr tgl produksi.
Rokok SKT ( Sigaret Kretek Tangan ) baiknya dibawah 60hr dr tgl produksi.
Rokok SPM ( Sigaret Putih Mesin ) sy tdk menemukan infonya.

Lebih dr itu kualitas rasa dan aroma menurun walau dalam keadaan tersegel. Biasanya dtemukan pada merk rokok yg lama perputarannya. Tidak peduli di supermarket, toko grosir, toko ecer atau warung, kalau rokok kurang laku rata2 perputaran barangnya lama.

Tp kadang kala sy pun menemukan aroma tengik atau bau kecoa pd produk yg masih baru. Mungkin kebersihan gudang tembakaunya kurang baik.

Sy pribadi jika beli rokok selalu liat kode produksi walau beli di tempat langganan. Terutama jika di jalan beli rokok dadakan pasti sy cek dahulu.
Paling nikmat umur rokok dibawah 2minggu dr tgl produksi.

Soal sehat ga sehat urusan perokok. Penjual lebih baik focus ke penyediaan supply rokok tanpa harus ngurusin kesehatan. Kalau memang rokok tidak baik bagi kesehatan toh anda juga tetap menjualnya. Jng mau untungnya saja tp komplainnya tdk mau. Jika dirasa untungnya tdk sebanding resikonya, ya jng lah jualan rokok.

Unknown mengatakan...

Artikel ngaco ini, jelas dong setiap hasil yg di produksi untuk di konsumsi ada masa kadaluarsanya

arga candra mengatakan...

Betul kak, rokok tidak baik untuk kesehatan.
Tapi bagi saya rokok kadaluarsa atau tidak enak saat dihisap saya buang saja. Karena tidak baik buat paru-paru. (😅😅😅 podo bae yo )

arga candra mengatakan...

Rokok gaib kak

Mumuh mengatakan...

Sya punya solusinya bagi proko tanpa kda luarsa dang dengan bahan bhan alami 100% aman
Yng mau tau chat wa 089655168779

Unknown mengatakan...

pada ngaco nih..hehe.. sdh jelas rokok itu tdk ada masa expirednya. asal penyimpanannya baik, tdk kena sinar matahari langsung, berada dalam suhu normal kamar

Frey Giorgio Arshavin mengatakan...

Sy puluhan tahun jadi perokok yaa mmg tidak ada batas kadaluwarsa rokok... Dan sy sering menghisap rokok dengan produksi cukai tahun sblmnya, harga lebih murah dan rasa tetaplaah sama... Perkara warna itu kadang dipengaruhi oleh kandungan air dalam tembakau..

Frey Giorgio Arshavin mengatakan...

Sy puluhan tahun jadi perokok yaa mmg tidak ada batas kadaluwarsa rokok... Dan sy sering menghisap rokok dengan produksi cukai tahun sblmnya, harga lebih murah dan rasa tetaplaah sama... Perkara warna itu kadang dipengaruhi oleh kandungan air dalam tembakau..

Frey Giorgio Arshavin mengatakan...

Sy puluhan tahun jadi perokok yaa mmg tidak ada batas kadaluwarsa rokok... Dan sy sering menghisap rokok dengan produksi cukai tahun sblmnya, harga lebih murah dan rasa tetaplaah sama... Perkara warna itu kadang dipengaruhi oleh kandungan air dalam tembakau..

Unknown mengatakan...

Rokok siluman.

Lucky mengatakan...

Begini mas oom dan tante..
Rokok memang tidak sehat apabila menghisap terlalu berlebihan, seperti makanan pun, kalau di konsumsi secara berlebihan juga g sehat kan...?
Obat pun kalau di munim g sesuai aturan maka akan terjadi juga hal yang tidak di inginkan... Kesimpulannya kalau mau merokok makan, atau membeli sesuatu cermati dulu baru di konsumsi.

muazzam.rasyiqul.abid@gmail.com mengatakan...

Rokok memang ada tanggal kadaluarsanya
Beberapa kali saya ngobrol dengan sales nya
"Rokok itu sudah beracun kalau sudah exp ya tambah beracun" begitu kata beliau
Di lain kesempatan saya melihat ibu ibu pemilik kios di pasar ngomel ngomel kepada sales sampoerna karena ngak mau menerima retur katanya sudah lewat 2 bulan
Padahal ada 5 slop rokok

Unknown mengatakan...

kalau memng g jelas.dan itu se olah2 ada tpi tidak ada .bisa dilporkn ke LPKNI.biar ditindak lanjuti.

Yudi channel mengatakan...

Rokok itu bisa menenangkan fikiran,menurutku loh ya...

Unknown mengatakan...

Iy ... Tpi setidaknya kita lebih mengurangi resiko yg lebih bahaya lgi

Unknown mengatakan...

Saya mau menanyakan dasar hukum/aturan yg mengatakan rokok itu kadaluarsa seperti komentar di atas yg mengatakan jenis rokok sk

t masa kadaluarsa 4 bulan, mohon penjelasan nya, terima kasih !

Unknown mengatakan...

Yg di tanya Samporna mas..kok ga ada ??

Chen mengatakan...

Sy pernah kerja di perusahaan rokok sebagai sales.
Rokok itu ada masa kadaluarsa nya, dan sudah lengkap dijelaskan di komen salah satu pegawai perusahaan rokok juga diatas.
Sudah menjadi salah satu job desc sales untuk selalu mengecek jumlah stok dan waktu kadaluarsa di tiap display dari toko2/warung2 yang dipajang.
Yang bilang rokok gak ada waktu kadaluarsa nya, lebih baik gak usah komen SOK TAU alias HOAX.

TheRedHat mengatakan...

Bohong pastiii....mana ada sperti itu, mesin pencetak kode produksi itu otomatis tiap hri... Tdk di stel manual, saya pernah liat mesinnya... Apa jgn2 anda kurang fokus... Hahaha

Konsumen_rokok_kecewa mengatakan...

Tetap salah penjualnya, harusnya penjual mencek dulu tanggal produksi sebelum dijual kekonsumen klw sdh produksi lama jgn dijual dong.... saya juga korban membeli rokok sampoerna mild produksi sdh 11 bulan rasanya ancurr ga enak.

pazeco mengatakan...

Klo rokok kretek buah cengkeh kode produksi gak ada atau dikosongin berarti bagaimana itu bang..?

pazeco mengatakan...

Kang pulung itu

Unknown mengatakan...

Saya beli rokok clas mild tertera kode produksi 27-7-2021
Yg saya heran kenapa rokok tersebut tidak Se enak seperti biasanya (hambar)
Dan skrg saya hisap rokok ini di tgl 7-9-2021. Mungkin baru sebulan 10 hari, tetapi sudah tdk enak ini rokok, bener2 heran saya, terpaksa tidak saya rokok lagi, saya beli roko yg baru di toko yg berbeda, rasanya sekarang lebih enak dari yg sebelumnya.Benar2 aneh dan ada kejangggalan.

No name mengatakan...

Kode produksi dan expairet nya harus jelas... Harus di atur dalam UUD pemerintah... Biar konsumen tidak ketipu atau di rugikan...

No name mengatakan...

Terkadang masalah kadaluarsa rokok ini membuat keributan antara penjual dan pembeli,ini sangat berbahaya.karena ulah perusahaan rokok tidak mencantum kan tanggal kada luarsa nya, sedang kan rokok tersebut sudah tidak enak di konsumsi...
Di beberapa artikel yang saya baca tanggal kadaluarsa rokok itu ada di setiap perusahaan tapi di rahasiakan.. Dengan kode tertentu. Dalam hal ini pemerintah harus bertindak tegas...

Jp mengatakan...

Ini yg membuat perusahaan rokok kaya... Rokok kadaluarsa bukan ditarik malah dijual,perkara rokok itu racun,berapa juta manusia yg mencari makan dgn bekerja membuat racun,diperusahaan rokok.jika memang ada kadaluarsanya mau itu racun,mau itu obat,makanan,atau apa saja..ya jgn dijual.niat berdagang ( ibadah) tapi malah dosa,berdagang yg bijak dan berilmu bukan malah membenarkan diri dengan berkata rokok racun mau kadaluarsa atau tidak.

PoetieK mengatakan...

Terimakasih atas komentarnya bapak-bapak.

Tentang rokok kadaluarsa itu, saya sudah kembalikan ke salesnya. Dan salesnya tak mau ambil karena segel telah dibuka. Dan saya tidak ingin memperpanjang kasus.

Melalui sales lain, saya diberi tau, memang ada sales nakal yg nggak mau ambil rokok kadaluarsa dengan berbagai alasan. Hal itu membuat kami pedagang cukup dirugikan.

Para konsumen rokok, asal anda tau, untung dari satu slop rokok itu berkisar antara Rp8.000 hingga Rp15.000. Itu rata2 di warung kami. Artinya, dalam satu bungkus, untungnya cuma seribu rupiah. Seringnya, kami mengambil untung membatasi di bawah 15 ribu. Hal itu tujuan perputaran bisnis. Dengan mahalnya harga rokok, jika sales tak mau ambil, artinya pedagang merugi. Nggak ada pedagang yg mau rugi. Karena banyak biaya yg harus dikeluarkan.

Ah...sudahlah. Kalau pun dipaparkan, kalian juga nggak akan peduli. Artinya, konsumen dirugikan, kami pun dirugikan dalam hal ini.